Selamat Datang

apa yang agan cari ?

Sistem Operasi komputer


   Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer (manusia) dengan perangkat keras komputer atau dengan kata lain sebuah pengendali dan pengkoordinasi semua operasi secara efisien dan efektif. Secara umum, sistem operasi memiliki fungsi seperti manajemen dalam perusahaan yang harus mengelola berbagai sumber daya (resources) perusahaan, sedangkan sumber daya komputer yang perlu dikelola oleh sistem operasi adalah meliputi memori utama, processor, memori luar (hard disk) serta alat-alat I/O lainnya.
   Sistem operasi yang dikenal dewasa ini telah memiliki sejumlah kemampuan yang dapat mengelola sejumlah kemampuan yang dapat mengelola sejumlah kegiatan sekaligus. Fungsi-fungsi yang dimiliki sistem operasi pada dasarnya ada 3 (tiga) macam, yakni fungsi alokasi sumber-sumber daya, fungsi penjadwalan sumber-sumber daya, dan fungsi pengawasan terhadap sistem komputer. Ketiga fungsi tersebut pada saat sekarang mampu menangani berbagai pekerjaan sekaligus dalam bentuk jaringan. Fungsi-fungsi terdiri atas:
  • Multitasking memungkinkan program sekaligus dilakukan dan diproses pada saat bersamaan pada sebuah komputer dengan pemakain tunggal. Misalnya menjalankan program microsoft word, sambil menjalankan program microsoft exel, dan juga masuk ke jaringan internet.
  • Multiprogramming pada sistem perangkat lunak komputer memungkinkan beberapa program dapat menggunakan sumber-sumber daya komputer secara bersamaan dan bergantian pada waktu yang sama. Misalnya program pertama sedang mencetak data melalui printer, program kedua proses menyimpan pada CPU, dan program ketiga lagi mendefrag (mengurutkan) data.
  • Time sharing memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan central processor unit (CPU) secara bersamaan dan CPU memberikan waktu bergantian kepada setiap pengguna untuk memproses programnya. Misalnya seorang nasabah datang ke bank untuk menyimpan uang atau mengambil uang, maka buku tabungannya ditempatkan pada terminal. dan oleh operator pada terminal tersebut dicatat melalui papan ketik (keyboard), kemudian data tersebut dikirim secara langsung ke pusat komputer, memprosesnya, menghitung jumlah uang seperti yang dikehendaki, dan mencetak pada buku tabungan tersebut untuk transaksi yang baru saja dilakukan.
  • multiprocessing memungkinkan beberapa CPU bekerja bersama-sama secara pararel dalam satu sistem komputer. Misalnya menggunakan beberapa CPU sekaligus pada saat yang sama, misalnya sistem UNIX versi Encore's untuk komputer Multimax komputer dapat dikonfigurasikan untuk menangani satu lusin prosessor, semua menjalankan UNIX.

0 komentar:

Posting Komentar